Penyembelihan Hewan Kurban di MPM

اللهُ اكبَرْ، اللهُ اكبَرْ اللهُ اكبَرْ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر، اللهُ اكبَرُو ِللهِ الحَمْد
Allahu Akbar, Allahu Akbar kabira, Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar, Allahu Akbar walillaa ilhamd

Pandemi Covid 19 ini membawa perubahan luar biasa di semua bidang kehidupan. Bahkan untuk menjalankan syariat Islam saja, perlu dilakukan penyesuaian. Sholat fardlu dianjurkan di rumah saja, padahal mayoritas ulama sangat kuat mendirian sholat fardlu di masjid secara berjamaah. Belum boleh berjabatan tangan, dan sebangainya. Bahkan pelaksanaan ibadah haji untuk tahun ini hanya boleh diikuti sekitar 10 ribu orang saja. Padahal tahun-tahun sebelumnya jamaah haji bisa mencapai 3 juta orang. Termasuk pelaksanaan Idul Adha yang berangkai dengan penyembelihan hewan kurban.

Sempat ragu apakah tahun ini dibolehkan melakukan penyembelihan hewan kurban sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Instruksi dari Pemerintah, MUI atau lembaga Islam yang lain juga masih belum muncul. Tetapi alhamdullilah beberapa jamaah masih menitipkan penyembelihan hewan kurban sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Padahal saat itu kepanitiaan saja belum terbentuk.

Dengan kenyataan ini, beberapa takmir yang dipelopori Bp H. Sudaryono dan Bp Pandiyono, mengambil terobosan keputusan. Tetap melaksanakan penyembelihan hewan kurban seperti tahun-tahun yang lalu, tetapi tetap memegang protocol Covid 19 dengan semaksimalnya. Jadi panitia bayangan tetap menerima titipan hewan kurban melalui MPM. Akhirnya baru tanggal 20 Juli 2020 diadakan rapat pertama sekaligus pembentukan kepanitiaan dan koordinasi kegiatan di depan.

Komitmen awal dengan menerapkan Protocol Covid 19 menjadi landasan semua kegiatan. Sehingga jumlah panitia diminimalkan, tetapi tujuan tetap tercapai. Maka dibentuk tim inti penyembelihan yang di pimpin oleh Bp Slamet dengan anggota sebanyak 20 orang. Beberapa pengurus takmir melakukan persipan dan proses administrasi lainnya. Juga diputuskan dengan mengadakan alat pemotong tulang agar proses kerja cepat.

Akhirnya 10 Dzulhijah 1441 bertepatan hari Jumat 31 Juli 2020 tiba. MPM juga melaksanakan sholat Iedul Adha di utara masjid dengan Imam dan Khatib Bapak H. Muhammad Rosyid. Selesai sholat langsung diadakan prosesi penyembelihan hewan kurban. Untuk tahun ini MPM berhasil diamanasi para shohibul sebanyak 4 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Distribusi dibagikan kepada 1) para shohibul, 2). Jamaah Masjid MPM, 3) Para Ushtad, Khotib dan para pekerja yang membantu renovasi masjid, sehingga dibuatkan paket sebanyak 359 buah. Alhamdullilah semua proses penyembelihan sampai distribusi selesai menjelang sholat Ashar.

Kepada para shohibul yang mempercayakan penyembelihan dan distribusi melalui MPM, juga semua panitia yang membantu diucapkan terima kasih. Semoga mendapat balasan pahala dari Allah SWT. Amiin.

Posts created 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top